Google Web Search Gadget

Sabtu, 03 September 2011

Sistem Digital

Dalam kehidupan sehari - hari, kita sering mendengar kata "digital". Seperti jam digital, speedometer digital, dan masih banyak lagi. Namun apa arti digital itu sendiri?

"Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah bit (Binary Digit)."

Berdasar referensi dari wikipedia tersebut, kita mendapat gambaran, bahwa barang yang disebut digital tak lepas dari konsep hitung hitungan matematis. Dimana ada satuan dan perhitungan khusus. Lebih dalam, kita akan mengenal mata kuliah kita, yaitu Sistem Digital.

Sistem Digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunnya melakukan pengolahan sinyal diskrit.Sistem Digital terdiri dari beberapa rangkaian digital/logika,komponen elektronika, dan elemen gerbang logika untuk suatu tujuan pengalihan tenaga/energi.

Secara umum, kita akan mempelajari :

Sistem Bilangan; Penjelasan Sistem Digital dan Analog, Sistem bilangan
biner, octal, desimal dan heksadesimal, konversi antar sistem bilangan. Pengkode- an BCD, Excess-3, 8-4-2-1, Gray, dan lain-lain.

Aljabar Boole dan penyederhanaan fungsi Boolean: Gerbang logika OR, AND. NOT, XOR,
NAN. Tabel kebenaran, fungsi-fungsi Logika dan implemantasinya ke dalam gerbang logika, Bentuk SOP dan POS, Penyederhanaan fungsi boolean secara matematis dan Teori De Morgan, Penyederhanaan dengan K-Map, dan dengan Tabulasi.

Rangkaian Kombinasional: Adder, Subtractor, Decoder, Encoder, Multiplexer, Demultiplexer. Perancangan rangkaian kombinasional sederhana.

Synchronous Sequential Logic: Konseprangkaian sequensial yang sinkron, SR Latch, Flip-Flop SR, JK, D, dan T, Pengenalan State Diagram, Analisa rangkaian sekuensial, Merancang rangkaian dengan menggunakan Flip-flop,

Register, Counter dan Memory: Konsep Register, Register dengan Parallel Load, Shift Register, Counter,
Binary Up-Down Counter, Memory Decoding, Desain memori, Error Corection, Arsitektur ROM.

Algorithmic Satate Machine (ASM): ASM Chart, ASM Block, Timing Sequence, Desain Rangkaian dengan ASM Chart.

Asynchronous Sequential Logic (ASL): Konsep Dasar ASL, Transition Table, Flow Table, Race Condition. Contoh Desain rangkaian ASL, Penyederhanaan State dan Flow Table

Mungkin Sekian dulu preview ini. Semoga berkenan.


2 komentar:

  1. wahh sip sipp, lumayaann

    nanti pas review lebih detail lagi, siapa tau ada orang diluar sana yang tersesat dan menemukan ilham setelah baca punyamu hahahahah :D

    BalasHapus
  2. hahaha,, masih amatir nih kak,, ini aja baru bisa blogging...
    review? tetap pake blog ini kah? atau buka blog baru??

    BalasHapus